Home » » Setting mikrtoik RB 750 sebagai router gateway

Setting mikrtoik RB 750 sebagai router gateway




1.      Langkah pertama buka aplikasi winbox. Masukan MAC Address (Media Access Control) yang terdapat pada Mikrotik Router Board 750,  jika sudah pilih Connect.
 
2.      Setelah berhasil login Mikrotik Via WinBox. Selanjutnya pilih menu IP > ADDRESS.


 3.      Jika sudah maka akan muncul tampilan address list


4.      Selanjutnya pilih tanda add (+) untuk menambahkan IP address, lalu akan muncul tampilan New Adsress. Isi bagian Address= 192.168.1.22/24, Network= 192.168.1.0 dan Interfaces= ether1 seperti gambar dibawah ini. Jika sudah tekan tombol Apply lalu OK.

5.      Langkah selanjutnya lakukan hal yang sama dengan langkah sebelumnya, namun dibagian konfigurasinya berbeda, seperti Address= 192.168.10.1 Network= 192.168.10.0 Interfaces= Ether2. Lihat gambar dibawah ini. Jika sudah klik Apply lalu OK.

6.      Konfigurasi berhasil jika terdapat dua interface pada menu Address List.


7.      Langkah berikutnya setting mikrotik agar tesambung dengan internet dengan cara, buka menu IP > Routes, Kemudian klik tombol add "+", dan masukan gatewaynya.

8.      Selanjutnya menaruhkan IP Private dan IP Public yang didapat dari ISP, yang berfungsi agar bisa tersambung dengan Internet. Klik menu IP > DNS. Seperti gambar dibawah ini.

9.      Langkah selanjutnya setting NAT dengan cara. Pilih menu IP > Firewall


10.  Lalu akan muncul kolom Firewall. Untuk konfigurasi pilih menu NAT lalu klik tanda add (+).
11.  Selanjutnya akan muncul New NAT Rule. Pada Tab General, di kolom Chain pilih srcnat. Lalu pada kolom Out. Interface pilih Ether1.


12.  Langkah selanjutnya pilih Tab Action. Pada kolom action ubah menjadi Masquerade. Jika sudah tekan tombol Apply lalu tekan OK.

13.  Langkah selanjutnya konfigurasi IP Address pada client. Buka menu Network And Sharing Center. Dengan cara klik Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Jika sudah terbuka pilih Local Area Connection.
 
14.  Selanjutnya akan muncul Local Area Connections status, klik Propertis.
 

15.  Selanjutnya pada kolom Local Area Connection Propertis pilih Internet Protocol Versi 4. Lalu klik Propertis.
16.  Langkah selanjutnya pada tampilan Internet Protocol Versi 4 (TCP/IPv4) Propertis konfigurasikan IP Address seperti pada gambar berikut. Lalu klik OK.

17.  Jika sudah selesai langkah berikutnya adalah mengkoneksikan antara router mikrotik dan client, dengan cara membuka Command Prompt pada Client, lalu ketikan perintah PING. Koneksikan pada IP Address 192.168.10.1 dengan cara mengetikan perintah (ping 192.168.10.1). jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah ini.


0 comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Penting !!

Mohon Maaf, Blog ini sedang dalam masa perbaikkan !!!

Popular Posts

Follow Me